Senin, 12 Desember 2011

mahasiswa terdahulu, dulu, kini dan nanti..

Assalamualaikum,

Kepada mahasiswa yang merindukan kejayaan..
untuk kalian yang rindu akan kemenangan, untuk kalian yang turun ke jalan...
Demi mempertahankan jiwa dan raga demi negeri tercinta...
VIVAT MAHASISWA !!


hari ini aku diperlihatkan temanku video Tragedi Trisakti dan Semanggi I dan II.

Responku ?

ALLAHU AKBAR !



luar biasa sekali jiwa-jiwa mahasiswa pada era tersebut, mereka yang berasal dari universitas yang berbeda-beda, almamater yang ga sama dan daerah yang berbeda pula berkumpul menjadi satu untuk menyuarakan reformasi demi negara kita, Indonesia, bahkan ada empat orang mahasiswa Trisakti yang tewas, yaitu Elang Mulya Lesmana, Hafidin Royan, Hendriawan dan Hery Hartanto. Keempat mahasiswa tersebutlah yang mendapat prediket sebagai 'Pahlawan Reformasi'. Ya, semua mereka lakukan demi negara.


Dalam video itu juga terlihat bagaimana anarkisnya aparat melawan mahasiswa yang hanya membawa toa dan spanduk dengan pistol yang berisi peluru karet bahkan ada peluru asli yang membuat banyak korban berjatuhan. semakin banyak mahasiswa yang jatuh akibat tembakan mereka, semakin semangat pula mereka menembaki para mahasiswa yang masih ada. sungguh tidak berprikemanusiaan. tidak sedikitpun mereka iba melihat mahasiswa-mahasiswa yang tergeletak dijalan penuh darah akibat tembakan mereka.




Sungguh. Selama menonton video itu, aku merinding, bulu kudukku berdiri, bahkan mataku berkaca-kaca melihat betapa pedulinya mereka terhadap Tanah Air. Yah, mungkin yang mereka lakukan saat itu benar-benar cerminan betapa kritisnya mahasiswa dan betapa pedulinya mereka terhadap negara yang mereka cintai, Indonesia. tidak peduli warna apa jaket almamater yang mereka gunakan. semua bersatu.

Aku jadi teringat ucap dosen kewarganegaraanku, Pak Suryadi, yang pernah menyatakan bahwa dulu suara mahasiswa dianggap layaknya suara Tuhan karena suara mahasiswa menentukan perubahan yang ada di negara kita, salah satunya dapat kita lihat pada terjadinya reformasi yang disuarakan oleh mahasiswa.

Tapi sayang, itu dulu.
Mahasiswa saat ini tidak seperti mahasiswa yang dulu yang berani berpikir kritis dan tidak pernah memperhitungkan dan mengharapkan imbalan terhadap 'apa yang mereka berikan' bahkan rela mengorbankan darah dan nyawa mereka demi perubahan negara ini.

setiap demo yang mereka lakukan selalu didengar karena demo yang mereka lakukan didasari atas kebenaran dan bukti yang kuat. berbeda dengan demo sekarang yang sering tidak didasari kebenaran dan bukti yang kuat sehingga membuat demo tidak lagi digubris oleh pemerintah. bahkan tak jarang mahasiswa yang demo malah ditertawakan. lagipula demonya mahasiswa dulu tidak main bakar-bakaran, tidak seperti mahasiswa jaman sekarang.




atau jika kita ingin lebih tahu terhadap perjuangan mahasiswa yang ada sejak dulu, Arief Rahman Hakim-lah contohnya, beliau adalah mahasiswa pertama yang tewas tertembak pada jaman pemerintahan Soekarno.

sebagai mahasiswa yang hidup dijaman sekarang, aku merasa begitu salut dan bangga luar biasa dengan mahasiswa yang berjuang demi reformasi. mereka pahlawan. benar-benar pahlawan reformasi. dan jujur aja, aku sebagai mahasiswa yang hidup dijaman sekarang merasa masih belum ada apa-apanya. namun semoga kelak suatu saat aku juga bisa memberikan yang terbaik untuk tanah air dan negara tercinta ini, Indonesia.

dan untuk mahasiswa-mahasiswa yang akan lahir kelak, kalianlah yang akan menjadi pemimpin bagi bangsa kelak. jadi, masa depan bangsa dan kemana arah bangsa ini nanti, kalianlah yang bawa... ingatlah perjuangan pahlawan-pahlawan yang ada di Indonesia, jangan sia-siakan perjuangan mereka yang sudah memperjuangan harta benda, jiwa, raga bahkan nyawa demi Indonesia.


Betapa hatiku takkan pilu. Telah gugur pahlawanku. Betapa hatiku takkan sedih. Hamba ditinggal sendiri. Siapakah kini pelipur lara. Nan setia dan perwira. Siapakah kini pahlawan hati. Pembela bangsa sejati. Telah gugur pahlawanku. Tunai sudah janji bakti. Gugur satu tumbuh seribu. Tanah air jaya sakti -Gugur Bunga. Ismail Marzuki-


HIDUP MAHASISWA !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar