Minggu, 14 April 2013

Kenapa Ingin Menikah Muda ?

Kali ini sedikit membahas tentang menikah muda. ntah kenapa saya pengin ngebahas ini setelah kemarin menghadiri seminar pra nikah yang diisi langsung oleh Ust. Salim. dan bagi saya, beliau adalah salah satu inspirator menikah muda bagi saya, beliau menikah saat umur 20 tahun, saat beliau masih kuliah di semester 4 saat itu.



Bismillahiramanirrahim..

Menikah itu adalah syariat muamalah yang pertama kali Allah swt perintahkan kepada manusia, lebih tepatnya pada Nabi Adam a.s dan Hawa. dan menikah merupakan Mitsaqon Ghaliza, dimana dalam Al-Qur'an hanya tertulis 3 kali, yaitu saat perjanjian Allah swt dengan Ulul 'Azmi, perjanjian Allah swt dengan Bani Israil dengan mengangkat gunung Tursina dan satu lagi saat menikah, yaitu ijab qabul. jadi saat seseorang membacakan ijab qabul itu.. ibaratnya dia seperti melakukan perjanjian dengan Allah dimana diatas kepalanya di letakkan gunung Tursina. Subhanallah. Lewat pernikahan juga, kita bisa membangun kejayaan Islam yaitu dengan membangun rumah tangga yang Islami.

Pernikahan.
menurut saya kata itu tidak tabu untuk dibicarakan ketika kita menginjakkan kaki di usia 20 tahun. karena saat itulah masanya tubuh kita sedang produktif.

Sebenarnya, saya sudah punya niat untuk menikah muda sejak SMP. tau alasannya saat itu ? karena saya capek patah hati terus, saya capek di sakiti terus.. karena dulu saya termasuk orang yang 'tidak paham' agama, jadi saya pacaran deh.

tapi lama kelamaan ketika umur saya bertambah, saya mulai paham hakikat pernikahan itu, sejak SMA saya membaca buku-buku tentang pernikahan. terlalu dini kah ? untuk orang yang tidak paham, mungkin saya memang dianggap kecentilan karena mempelajari hal tersebut di saat saya masih menggunakan seragam sekolah. tapi ternyata Alhamdulillah, ketika saya bertemu orang-orang yang paham, mereka justru mendukung saya.

Tapi saya ga mau munafik, saya ngaku saat itu saya masih pacaran. tapi selama pacaran saya sering bilang sama pacar saya "kita nikah abis lulus kuliah ya, bla bla bla" dan alasan yang terlontar saat itu hanya berkisar "ah, kecepatan, ntar aja sekian tahun lagi, bla bla bla". jadi, sekarang.. begitu saya sudah paham dan berhenti untuk pacaran sebab itu diharamkan agama dan ingin menikah berkah (pacaran setelah menikah), saya semakin yakin bahwa laki-laki yang mengajak pacaran, tidak berani diajak untuk berkomitmen dan hanya bisa berjanji sekian-sekian tahun lagi itu tidak benar-benar menyayangi kita, dia bukan orang yang tepat untuk menjadi seorang imam dan tidak bertanggung jawab. ada laki-laki seperti itu ? jawabannya ADA . siapa ? salah satunya mungkin orang-orang dimasa lalu saya.

kadang saya juga sering diejek kok sama temen-temen saya kalau saya bilang saya pengin nikah muda. saya menganggap mereka tidak paham, makanya mereka ngejek. mereka yang mengejek itu rata-rata adalah orang-orang yang mengutamakan nafsu dibanding ibadah kepada Allah swt.

sebenarnya apa alasan saya pengin nikah muda ?
alasannya simpel : saya seorang wanita, dan pahala dari seorang wanita itu banyak diperoleh ketika ia sudah menikah dan menjadi istri sholehah. saya ingin menjadi seorang ibu dan mendidik anak-anak saya dengan sepenuh hati jika Allah mengizinkan saya menjaga amanah-Nya. saya ingin menyempurnakan separuh dien saya dan mengisi separuhnya lagi dengan beribadah kepada Allah swt bersama imam saya. berdua dengannya, saya ingin menjemput surga Allah swt. Aamiin.. In Syaa Allah..

tau umur berapa yang menjadi target saya menikah yang notabene masih jadi anak SMP saat itu ? 
Iya, umur 22 atau 23 tahun. Dan tahun ini umur saya sudah 21 tahun...*hhaha
semoga Allah mengabulkan doa saya... 
saya ingin menikah berkah, dengan cara yang diridhoi-Nya, dengan izin-Nya, sesuai syariat Islam...

saya memang tak seagung Bunda Khadijah dan Aisyah, tapi izinkan saya untuk melakukan yang terbaik semampu saya... menjadi pendamping yang sholehah dan ibu yang kelak akan melahirkan generasi Rabbani jika Allah mempercayai saya untuk menjaga titipan-Nya. dan bersabarlah jika suatu saat emosi merajai saya, tenangkan saya dengan pelukanmu hingga akhirnya kita berkumpul lagi di jannah-Nya, atas izin Allah swt..

dan jodoh saya, 
saya rindu.. In Syaa Allah saya jaga hati saya untuk kamu, saya hanya ingin bangun cinta sama kamu... iya, bangun cinta.. karena membangun itu memang sulit namun akhirnya akan menjadi kokoh, dibanding saya harus jatuh cinta dengan kamu karena yang namanya jatuh itu akan sakit rasanya. sungguh. saya rindu


semoga Allah swt mempertemukan kita dan menyatukan kita diwaktu yang tepat.. Aamiin.. Allahumma Aamiin..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar