Sabtu, 21 Desember 2013

Cerita Tentang Masa PPL..

Assalamualaykum..
kali ini, saya ingin bercerita tentang masa PPL saya.. lebih tepatnya tentang murid saya yang mungkin lebih pantas saya anggap sebagai adik..

sebagai alumni, sedikit banyak saya sudah tau bagaimana cara menghadapi mereka, bagaimana cara belajar mereka.. kenapa ? sebab saya pernah menjadi siswa di sana, saya tau bagaimana rasanya diajar oleh guru yang membosankan, atau terlalu serius dan terlalu bertele-tele. sebab apa ? kami adalah anak teknik, iya, saya pernah menjadi anak teknik dan terlalu banyak teori sangatlah membosankan. maka, saya pun mencoba mengajar mereka dengan cara yang saya ketahui : to the point dan dengan contoh langsung.

awal masuk kelas, pertama kalinya..


tak sedikit diantara mereka yang menganggap saya killer karena saya menerapkan sistem stm. hari pertama ada beberapa siswa yang memang saya hukum. mereka mencoba mengerjai saya tapi cara mereka salah sebab saya pernah menjadi mereka, saya alumni hingga saya lebih dulu tau taktik siswa. itulah enaknya PPL di sekolah sendiri.

minggu-minggu selanjutnya terasa mulai menyenangkan, meski ada beberapa kelas yang mungkin  merasa biasa saja diajar oleh guru PPL, tapi tentunya ada juga kelas yang merasa sangat excited dan saya sendiri excited masuk ke kelas mereka. Kelas yang mana ? salah satunya kelas XI Mesin 2.

Kelas XI Mesin 2
Kelas ini laki-laki semua,
pertama kali saya mengajar dikelas ini, saya mencoba untuk ga garing. sebab jurusan mesin ini adalah jurusan yang terkenal dengan siswanya yang nakal-nakal. kalau ada tawuran sekolah, bisa dibilang, mereka lah yang selalu ada di barisan depan. saat itu mereka mencoba mengerjai saya, mereka menyanyikan lagu selamat ulang tahun padahal saya sendiri ga ulang tahun, dan bagaimana saya mendiamkan mereka ? saya foto aja mereka dan mereka langsung terdiam. mereka, saya selalu nungguin mereka dan berjalan menuju kelas dengan mereka sembari bercanda atau membicarakan hal apa saja. awalnya, saya diberi pesan bahwa mereka adalah anak-anak yang malas belajar.. tapi ntah bagaimana ceritanya, justru tak jarang pada akhirnya mereka (yang sering jalan bergerombolan) malah datang menjemput saya di kantor saat jam pelajaran Bahasa Indonesia sudah tiba. ya, saya seperti putri yang dikelilingi oleh 33 pengawal *tsaaah *hoekk. Mereka saya anggap sebagai adik dan teman, bukan murid.. metode itu yang saya gunakan untuk mengajar mereka agar mereka mau belajar pelajaran yang membosankan ini.

Dan mereka, adalah salah satu hal kenapa saya cukup sedih ninggalin sekolah. mereka adik-adik yang luar biasa. HUT PGRI lalu, beberapa mereka datang pada saya dan memberi saya bunga *terharu* malah kemarin mereka beliin saya sarapan dan kasi sendal swallow ke saya --". terkadang mereka dianggap memiliki kemampuan otak yang minim karena jurusan mereka memang terkenal dengan hal tersebut, sedang saya selalu berusaha memberi semangat untuk mereka (walaupun mungkin sering gak ngefek), sampai seminggu sebelum ujian sekolah mereka berkata pada saya : "kakak, kami janji, kami gak remedial bahasa Indonesia, kami janji dapat nilai yang bagus!" dan hasilnya ? alhamdulillah.. mereka membuktikan itu semua !

Ketika saya pamit pada mereka, saya menangis dan mereka justru mengejek saya. tapi setelah itu ada yang sms saya, sekedar berkata, "kakak, kami pasti bakal kangen sama kakak. kami sayang kakak" . iya, saya juga sayang kalian... saya pasti juga kangen modus-modus kalian semua yang banyak alasan padahal pada pergi ke kantin :')


kedua, kelas XII MK 2 dan 3
saya memulai dari kelas XII M 3,
satu-satunya kelas 3 yang saya ajar.. pertama kali ngajar mereka "ya ampun, sepi begini mereka.. saya bingung mau ngomong apa -_-" tapi lama kelamaan, mereka jadi kelas yang baik... tau ga ? justru mereka yang banyak menulis kisah yang membahagiakan dalam kertas pesan dan kesan untuk saya bahkan saat saya sedang sibuk-sibuknya mengerjakan laporan PPL, ada diantara mereka ikutan begadang dari rumahnya *terharu*

kalau kelas XII MK 2,
saya ga mengajar mereka tapi saya kenal mereka dari keberisikan mereka di bangsal dan mereka juga baik-baik walaupun isengnya luar biasa. dan ya, Roni, Ramazani, Krishna, Ridho.. mereka murid yang paling manis-manis dan baik di kelas itu ^^

sisanya, biar foto yang bercerita tentang rasa yang ada... tentang mereka.. adik-adik muridku ^^

gabungan beberapa foto adik murid yang luar biasa ^^

bareng XII MK 2
ada Roni, Gilang, Krishna, Dicky, Eko, Mazan, Agus dan Muis ^^


"surat cinta" dari kelas XI Mesin 2

 
 adik-adik kelas X MK .. mereka yang suka manggil saya "Ibu Unyu" XD

 kelas X Las, yang suka bercanda pake bahasa yang jarang dipake orang lain
dan bau kaos kaki tiap masuk kelas -_-

 kelas XI Elektronika 1
*bingung mau komen apa*


 kelas XI Las
ada gadis-gadis unyu, argado yang selalu masukin baju dg rapi dan mereka yang nakal

 ini beberapa wajah siswa kelas XI Mesin 2
kalian jangan nakal-nakal lagi ya, sekumpulan laki-laki tampan *hhaha


kelas XI MK 2
mereka juga alasan saya semangat ngajar di hari Rabu


 kelas XI Otomasi 2
nakalnya kebangetan --"


Kelas XI Otomasi Industri !
Dikelas ini saya selalu jadi diri sendiri bahkan childish saya juga kadang nongol di kelas ini
cantik-cantik dan unyu selalu yakkk, i luph u pull

kelas XI TKJ 3
satu jurusan sama saya jaman sekolah. manis-manis. sama kaya saya sekolah dulu XD

kelas XII MK 3
semoga kalian lulus semua yaaa .. saya pasti rindu kalian..
ada gilang, sani, denni, hermawan, karen, tangguh, tegar, hanif, aji, viona dan semuanyaaa

Sementara kertas pesan dan kesan yang saya terima dari mereka...
saya selalu terharu, introspeksi, ketawa dan semuanya saya rasakan saat membaca itu...
dan tentunya Aamiin Allahumma Aamiin atas doa kalian

kalian,
saya sayang kalian :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar