Bedrest di Minggu ke 33

Assalamualaykum,
BismiLlahirrahmanirrahim..

Jadi ceritanya, ALhamduLillah kehamilan saya udah sampe di 33 minggu :"") Memang setiap fisik ibu hamil beda-beda ya.. ada yang mudanya sakit-sakitan, begitu hamil jadi kuat banget; ada juga yang mudanya tahan banting, begitu hamil langsung gampang ngedrop ..

QadaruLlah saya berada di opsi kedua yang hampir tiap bulan selalu demam dan sebagainya, bahkan di trimester satu, berat badan (ringan badan malah mungkin namanya) hanya tinggal 33 kg SAJA.

Begitu masuk di trimester tiga, AlhamduLillah demam saya udah berkurang, ngerasa sakit-sakitannya berkurang. Senang ? ALhamduLillah.. Berat badan juga udah nambah sesuai dengan penambahan berat badan ibu hamil yang seharusnya.

Ohiya, sebelumnya, di bulan ketiga, rumah kontrakan kami sempat kebanjiran sampe ke kamar-kamar tidur. Wahahaha.. kebayang donk gimana ibu hamil muda ini repot ngurus semua yang kena air :" berhubung kejadiannya diakhir masa kontrakan, maka jadilah kami sekalian pindah kontrakan, sekalian nyari yang layak.. maksudnya yang gak bikin kami harus rajin-rajin pindahan karena mikir 3 bulan selanjutnya udah hamil 6 bulan masa mau capek-capek pindahan lagi.

Di bulan kelima, saya jatoh dari motor. Gamis pink kesayangan saya, hha, masuk ke dalam roda motor, yaps, langsung jatoh donk, jatoh ke kiri, ALhamduLillah begitu jatuh saya langsung megang perut saya. Alhasil muka saya yang bonyok :" . Waktu itu bener-bener pasrah banget : "Ya Allah, ini amanah dari-Mu, Engkau yang Maha Melindungi, Engkau Yang Maha Memberi.. aku pasrah" karena khawatir janinnya kenapa-napa pas jatuh. Nahh abis jatuh, langsung deh dibawa ke klinik bersalin yang notabene recommended banget di sini karena dokternya yang masyaa Allah banget..

Begitu sampe klinik, saya langsung disuruh istirahat di ruang perawatan sama Mbak perawatnya, ngga pake basa basi, ngurus ini itunya belakangan. Pak Suami panik, saya mah sok kuat, malah cengengesan padahal sudut bibir udah berdarah-darah dan bengkak, malah suster yang ngebersihin lukanya yang takut, saya kalem aja.. dan masyaa Allah, begitu Pak Suami mau ngurus administrasi, malah dibilang ngga perlu.. biarin aja saya istirahat sambil nunggu dokter.. jadi ga usah bayar untuk istirahat dan pengobatan pertama pasca jatuh tadi (kecuali pas kontrol ke dokter nanti *yaiyalah). Masyaa Allah, semoga barokah. Pas jatuh, saya juga dijadiin pasien prioritas.. diutamakan (karena mungkin habis jatuh kali ya), dengan baju hasil pinjaman (dari keponakan, karena baju dan jilbab saya udah sobek kena aspal) yang warna-warni plus masker buat nutupin muka yang luka dan bengkak akhirnya saya masuk ke ruang dokter walaupun ada beberapa orang yang ngeliat dengan tatapan aneh (mungkin karena jilbab saya warna peach, baju abu-abu, rok biru, sendal jepit dan masker pink).

Begitu pemeriksaan, saya mau nangis, kenapa ? Masyaa Allah, ternyata janinnya lagi sujud, ALhamduLillah dia ngga kenapa-napa, malah perkembangannya bagus.. ngga ada masalah sama sekali walaupun jatuh, detak jantung normal, ketuban juga ngga ad sobek, posisi plasenta juga baik. Dokter yang juga aktif dipengajian ini juga sempat speechless, Pak Suami juga udah berkaca-kaca matanya. Semoga sampai nanti kamu ngga pernah lelah untuk bersujud ke Pencipta-mu ya, Anakku..

Sampailah saatnya masuk di trimester tiga, kya yang saya bilang.. kadar sakit-sakitan saya Insyaa Allah berkurang dan saya senang.. jadilah saya ngerasa bebas ngelakuin kegiatan, ngejadwalin jalan-jalan tiap weekend (padahal niatnya jajan, bukan jalan) 😝

Tapi mungkin disitu saya kalapnya, ngerjain semua yang saya rasa bisa saya kerjain karena selama ini ga bisa saya kerjain. Beresin ini itu, rapiin ini itu, angkat ini itu, cuci ini itu.. tralala trilili..

Jadi, seperti biasa, kemarin kami berangkat untuk kontrol bulanan (21/12), tiap kontrol sih excited karena bisa liat si janin lewat USG, paling yang bikin cemas pas tau berat janinnya aja.. karena tinggi saya hanya 145cm dan dokter juga bilang saya harus kontrol berat badan biar bayinya ngga besar dan bisa melahirkan normal, Insyaa Allah. Nahh jadi begitu masuk ke ruang dokter, semua diperiksa, ALhamduLillah bagus.. beratnya udah 2,1kg ; ketubannya bagus ; plasenta bagus. Insyaa Allah.

Tapiiiii, terakhir dokternya bilang, "Ini posisi bayinya udah dibawah lho, kecepatan dari seharusnya.. " *jreng, langsung cemas, apalagi sebelumnya temen juga ad yang cerita istrinya mesti melahirkan 36w karena ternyata ketubannya merembes tanpa disadari karena sering pipis (saya juga sering pipis, bisa 10 menit skali ke wc kalo banyak minum). Saat itu saya langsung dicek panggul sama dokternya, tau sendiri lah ya cek panggul itu diapain 😅

Setelah periksa, maka jadilah dokter bilang saya harus istirahat total sampe 3 minggu ke depan. Ngga boleh capek-capek. Totally bedrest. Karena dokter khawatir melahirkan dini (prematur), beliau bilang paling minimal banget itu bayi kuat untuk lahir dan menghadapi dunia di minggu ke 36, itu seminimal-minimalnya. Sedangkan untuk menuju 36 minggu, masih dibutuhkan waktu 3 minggu lagi.. jadilah saya dikasi obat untuk relaksasi rahim (karena selama ini memang ngerasa perut sering ngeras gitu, ternyata itu namanya kontraksi).

Yaps, bedrest dengan syarat janin harus tetap aktif.. begitu kata dokter. Dan sekarang, baru 4 hari berlalu.. tadi pagi sempat bangun dan celana basah, ngga tau karena saya pake celana warna gelap.. jadi saya udah cemas, ngga lama kemudian perut mules, sampe kya keram gitu.. itu bikin makin cemas, syukurlah ternyata cuma masuk angin, abis BAB udah normal lagi. Cuma saya masih khawatir dengan celana basah tadi pagi, maka saya memutuskan untuk tidak lagi menggunakan celana berwarna gelap selama akhir trimester ini, soalnya saya masih ga tau bedain antara keputihan sama ketuban.

Tadi juga pas Pak Suami pulang saya ceritain masalah celana basah sama sakit perut yang bikin cemas, ga sadar malah ngucur airmata. Betapa rapuhnya~~

Hari ini, totally bedrest, sebelumnya bedrest juga, cuma tangan saya sering gatal, kadang masih nyapu, jemur celana, beresin apa dikit-dikit. Tapi hari ini saya niat banget ngga ngapa-ngapain, biarin teronggok di kasur. Udah ga mikir urusan rumah berantakan atau gimana, karena AlhamduLillah, Insyaa Allah Pak Suami yang jadinya nyapu, nyuci piring dan beberes.

Semoga Allah Swt izinkan lahir diwaktu terbaik ya, Nak, jadi anak penurut sejak dalam rahim, Insyaa Allah kita ketemu di waktu yang tepat itu, mohon kerjasamanya ya, Sayang..

Bunda + Ayah sayang kamu
*(Bunda Ayah, bisa mengalami perubahan panggilan 😂😂)

Mohon doanya,
Wassalam :"

Komentar

Postingan Populer