Berdamai dengan Dermatitis Atopik

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamualaykum, 

Setelah 4 bulan berlalu pasca melahirkan anak kedua. Akhirnya saya memutuskan untuk kembali menulis blog ini, tujuannya sebagai catatan, pengingat tentang apa yang terjadi ketika anak kedua lahir, Ammar, namanya.

Qadarullah saat berusia usia 2 bulan, Ammar dinyatakan dermatitis oleh dokter. Singkatnya, dermatitis adalah keadaan kulit meradang yang menimbulkan gatal. Awalnya saya ngerasa sama aja kya bayi biasanya, tapi setelah saya ingat-ingat lagi, sampe usia Ammar masuk 2 bulan, bagian alis matanya masih ada cradle cap meski sudah sering saya bersihkan, sebelum ia botak (karena aqiqah) pun saya sering merhatiin rambutnya kaya ketombean gitu. Pipinya pun merah, saya pikir ya kya Azzam dulu juga, pipinya merah, ntar juga baikan lagi.

Tapi, makin hari malah makin merah, meradang, gak cuma bagian pipi tapi juga bagian kening,lipatan leher, ketiak, siku dan belakang telinga. Merah berair. Saya cobain produk yang pernah saya pakein ke Azzam waktu pipinya merah dulu.. ga ngefek, cobain beberapa produk lain juga, sama, ga ngefek. Sementara kulit kepalanya kya mengelupas kering gitu setelah dibotakin.

Napas Ammar juga bunyi grok-grok (tapi ini masih wajar sebenarnya untuk bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan). Selain itu, pernah juga suatu hari saya makan makanan bersantan selama dua hari, dan selama dua hari itu juga Ammar muntah (muntah lho ya, bukan gumoh), matanya berair dan agak bengkak dan napasnya bunyi-bunyi. btw, Ammar full dbf, jadi semua yang saya makan pun ikut Ammar rasakan kandungannya lewat ASI.

Sampai akhirnya milih ke dokter anak andalan kami.

Hasilnya : Ammar dermatitis. Untuk masalah kulit kepalanya, memang salah satu tanda tapi, kata dokter, kebanyakan bayi yang dibotakin juga bakal kya gitu. Sementara untuk kasus makanan bersantan, jika dicurigai Ammar alergi terhadap makanan tsb, boleh dicoba lagi dan amati reaksinya (saya milih skip ini karena ga tega liat reaksi Ammar setelah dua hari saya makan makanan bersantan sebelumnya). 

Ada pantangan ga karena Ammar dermatitis ?

Gak ada, kata dokternya. Coba aja tetap dimakan, walaupun mungkin beberapa makanan bakal ngefek di Ammar, tapi tujuannya untuk membentuk antibodinya. Sama dengan kasusnya Azzam yang selalu bintitan tiap makan telur dulu, lama-kelamaan justru telur jadi makanan favoritnya dan ngga bintitan lagi AlhamduLillah. Lagian, dermatitis Ammar juga didapat dari faktor genetik. Dari dokter, diberi salep mengandung steroid karena radangnya emang yang udah parah. Penggunaannya 1 hari sekali aja saat tidur. Saya pake selama 5 hari karena emang penggunaannya ga boleh selama 7 hari berturut-turut.

Saya yang sebelumnya udah baca beberapa literatur atau pengalaman rangorang, emang udah curiga kalo Ammar jangan-jangan emang kena dermatitis. Kenapa ? Pertama, dilihat dari tanda-tandanya; kedua, saya pun dermatitis. 

Jadi, karena saya punya dermatitis, saya berpotensi "menurunkan" dermatitis saya ke anak-anak saya. AlhamduLillah Azzam ngga, QadaruLLah Ammar yang dapat jatah dermatitis. Untuk kali ini, saya ga mau keras kepala amat kya jaman Azzam dulu, sebelum ke dokter saya emang udah "menerima" kalo misalnya akhirnya Ammar bakal dikasi salep mengandung steroid. 

Memang sih, salep steroid mungkin banyak efeknya, tapi dari beberapa literatur yang saya baca, "tidak masalah" digunakan pada keadaan tertentu daripada nantinya masalah kulit yang dialami tidak tertangani dengan baik atau justru semakin parah. Begitchu.

"Anak-anak khususnya bayi sangat rentan terhadap efek samping. Namun, jangan karena profil keamanan kortikosteroid topikal, maka anak-anak menjadi tidak diobati. Tujuannya adalah untuk mengatasi kondisi sebaik mungkin; pengobatan yang tidak memadai akan memperparah kondisi." (Sumber : http://pionas.pom.go.id/ioni/bab-13-kulit/134-kortikosteroid-topikal)


Sebelumnya saya udah beli berbagai produk : Zwitsal, Cussons, Buds, PureBB, Noroid, Mustela .. apalagi ya, lupa. Yang jelas lumayan menguras kantong, sejutaan juga buat bebelian krim yang cocok dikulit Ammar. Sampai akhirnya berhenti di Mustela, saya nyobain produk Mustela Stelatopia yang dirancang khusus untuk kulit jenis atopik. 

Salah satu produk Mustela yang saya gunakan untuk Ammar

Apakah berjalan lancar ?

Tentu tidak, Ferguso. Karena seringkali pipinya kembali meradang, terlebih di daerah-daerah lipatan, bahkan belakang kepalanya ikut-ikutan merah berair. tapi setidaknya lebih dan kurangnya membaik daripada saat kondisi awal sebelum ke dokter. Pun dibantu dengan produk Buds untuk meminimalisir merah-merah di lipatannya. Kalau emang udah mulai parah lagi, saya pakein salep dokter. Sementara kalau tidur, Ammar masih dibedong karena dia suka garuk-garuk.

Hal kya gini kadang bikin saya bingung sendiri, ngerasa ada salah makan atau gimana. Jadi, saya yang tukang ngemil mesti agak nahan diri jadinya. Kadang jadi maksa nahan lapar padahal tau sendiri kan ibu menyusui adalah salah satu makhluk rawan lapar di muka bumi ini. Tapi saking khawatir efeknya di Ammar, saya menahan. huhuhu :(


Kondisi kulit Ammar yang udah "agak mendingan"
dibanding saat masih membara-membaranya.


Oke, lanjut ke produk yang dipake Ammar. 

Setelah jalan 2 bulan pemakaian produk Mustela Stelatopia, lama-lama saya ngerasa ga banyak perubahan di kulit Ammar, lipatannya masih sering merah meradang, masih sering dibantu salep steroid; punggungnya masih bintik merah dan kulit perutnya masih belang-belang bintik merah.

Saya ? Stres donk. Bisa kadangan nangis putus asa. Ga tau ini Ammar mesti digimanain kulitnya supaya membaik. Akhirnya, setelah menghela napas panjang, bukan, setelah membaca banyaaaak banget pengalaman orang menghadapi dermatitis atopik anaknya, saya merasa... saya harus berdamai dengan dermatitisnya Ammar. bukan terus-terusan khawatir dengan kondisi ini. Saya ga sendirian kok.

Setelah pelan-pelan menerima keadaan dan kembali penasaran, saya mencoba produk lain lagi. Sabun mandi Ammar yang sebelumnya juga Mustela, saya ganti dengan PureBB Liquid Soap yang (katanya) memang bagus untuk kulit bayi yang sensitif. Hasilnya ? Hingga saya nulis blog ini, Ammar masih pake sabun ini karena ternyata dia lebih cocok pake PureBB Liquid Soap ini. Insyaa Allah Ammar bakal saya pakein sabun ini terus. 

PureBB Liquid Soap

Untuk krimnya, saya mengganti menggunakan Atopiclair Cream. Huhu, Masyaa Allah, krim ini mungkin ngga seeksis krim lain yang lebih punya "nama" ya.. tapi selama dua minggu nonstop saya pakein krim ini ke Ammar, bagian lipatan Ammar ga pernah lagi radang, dia juga ga pernah lagi dipakein salep dokter. Punggungnya juga ga bintik merah lagi, bagian perutnya juga begitu. hanya saja untuk belang-belangnya, kata dokter (kemarin kami kontrol ke dokter lagi) emang membutuhkan waktu beberapa bulan ke depan, bakal hilang seiring dengan waktu, seiring dengan kulitnya yang beregenerasi.

Atopiclair Cream.
Cinta banget sama krim ini, Masyaa Allah


Sekarang, untuk harian, Ammar saya pakein Noroid setiap habis mandi. Kalau misalnya merah lagi pipinya, saya olesin Atopiclair Cream, langsung kalem lagi kulitnya. Oh ya, Atopiclair Cream & Noroid ga mengandung steroid, insyaa Allah aman. Bagian lain insyaa Allah udah ga ada masalah. AlhamduLillah, mungkin juga karena Ammar makin gede jadi antibodinya makin kuat. Ammar juga udah mulai ga pake bedong lagi tiap tidur, udah ngga yang hobi menggaruk kya dulu.

Noroid Soothing Cream


Sebenarnya fungsi bedong selama ini juga bukan untuk menghangatkan sih, karena saya bukan mamak-mamak bedong lovers, Ammar suka keringatan. Pake bedong tuh sebenarnya lebih untuk menahan tangan Ammar supaya ngga menggaruk-garuk pas tidur. Karena garuk menggaruk membuatnya tidur ngga nyenyak, kebangun dan rewel. Alhamdulillah sekarang ga lagi pake bedong, lagian makin gede gini dia juga makin kuat ngebuka bedong. Kan bahaya, takut mukanya ketutup bedong pas saya lagi tidur.

Belakangan ini saya udah mulai coba-cobain makan ini itu lagi karena Insyaa Allah maret nanti Ammar udah MPASI. Mudah-mudahan aja ga ada alergi. Aamiin. Insyaa Allah mulai cukup optimis sih karena kalo saya nyoba makan daging, alhamduLillah ga ada efek di dia (sebelumnya matanya suka bengkak kalo saya makan daging). Kemarin juga coba minum susu cimory cashew ukuran 125ml, AlhamduLillah ga ngefek apa-apa lagi di dia. Sebelumnya saya nahan beberapa bulan ga minum susu padahal saya penggila susu dari masih kecil.

So, dari beberapa bulan perjuangan saya menghadapi dermatitisnya Ammar, banyak ilmu yang saya dapat tentang masalah kulit anak. Saya memilih ngga anti krim steroid tapi bukan berarti mendukung penuh penggunaannya. Ngga dosa pake krim mengandung steroid asal kita tahu batasnya dan gunakan di saat benar-benar mesti digunakan, bukan waktu merah dikit.. langsung dikasi. Nggak. Ga gitu.

Berdamai dan "menerima" keadaan yang menjadi kunci dari pengalaman saya menghadapi dermatitis atopiknya Ammar. Sabar. Toh mau apalagi ? Karena QadaruLlah dermatitisnya pun ia dapat dari saya. Maka saya sebagai ibunya pun harus "bertanggung jawab". Semangat! Semangat!

So, sekarang yang jadi andalan saya dalam menghadapi dermatitisnya Ammar ya tiga produk tadi : 

1. PureBB Liquid Soap (Sabun Mandi);

2. Noroid (krim harian; btw, ini krim rekomendasi dari dokter); dan

3. Atopiclair Cream (kalo pipinya mulai merah).


Semoga seiring dengan waktu dan semakin bertumbuhnya Ammar, kulitnya bisa semakin kuat. 

Sehat-sehat ya, Dek Ammar..

Sehat-sehat juga, Mas Azzam...

Sehat-sehat, anak-anak shalihnya Bunda..










Komentar

Postingan Populer