Mengajarkan Mujahid Pertama Menghafal Al Quran

 Bismillah,

Assalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuh, 

    Tulisan ini dibuat sebagai pengingat diri dan semoga bisa membantu teman-teman lain yang sedang belajar untuk mengajarkan anak-anaknya menghafal Al Qur'an, karena sesungguhnya, kami pun juga masih dan terus belajar hingga batas waktu yang Allah tentukan, kelak. Semoga Allah memudahkan kita dan anak keturunan kita untuk menjadi penghafal Al Quran dan terus meluruskan niat kita sebagai penjaga ayat-ayat cinta-Nya. 


Bismillah, 

    Pertama-tama, yang sangat kami sadari adalah.. hafalan itu berasal dari Allah Ta'ala, makanya kami gak gitu ngeyel, terserah Allah mau nitipin berapa banyak hafalan ke anak kami. Sebagai orang tua, kami hanya mengajarkan dan ikhtiar semampu kami, kemudian, kami kembalikan semuanya pada Allah Ta'ala. Makanya sejauh ini kami hanya mencoba menikmati prosesnya, ngga pernah ngerasa ada yang harus kami saingi atau apalah.. karena ya itu, terserah Allah Ta'ala saja, mau nitipin berapa juz ke anak kami. 


    Barangkali, pelajaran mengenai mengenalkan Al Qur'an yang kami lakukan sudah dilakukan sejak masa kehamilan. Sejujurnya, sejak hamil, memang saya lebih memilih mendengarkan Al Qur'an di tengah gempuran katanya dengarin musik ini itu bikin cerdas. Waktu itu, surat yang paling sering saya dengar adalah surat Ar-Rahman. Ga ada ketentuan apapun sebenarnya, ga ada juga hadits yang nyebut kalo pas hamil harus membaca surat tertentu, cuma emang waktu itu suka aja dengar surat Ar-Rahman (maka jadilah anak pertama kami diberi nama 'Abdurrahman')

    Saat anak pertama kami lahir, kami mulai mutarin murottal terus di rumah (sampai hari ini, Insyaa Allah), dimulai dari QS Al Fatihah dan Juz 30. Begitulah yang terus terjadi hingga anak pertama kami mulai bisa bicara. Bisa dibilang, anak pertama kami termasuk late talker, dia baru bisa bicara saat usia 2 tahun 3 bulan. Tapi sejak dia lahir ya kami memang memperdengarkan murottal terus di rumah, ntah berbentuk MP3 dari hape atau lewat TV (Meskipun yang dalam bentuk kartun, namun kami usahain yang versi ada murottalnya.)

    Apakah kemudian dia menonton ? Tentu saja iya, tapi akhirnya saya memilih mengajaknya main atau bereksplorasi supaya keinganan dia menonton teralihkan, jadilah akhirnya dia main ala ala montessori tapi telinganya tetap mendengar murottal. 

    Saat anak pertama kami mulai bicara, kami mulai men-talqin-nya. Walaupun dia masih nyambung diujung-ujung ayatnya aja. Gapapa, namanya juga masih belajar; berproses. Lalu, apakah ada efek dari dengarin murottal sejak bayi ?

    Biidznillah, ada. Saya rasa, walaupun waktu itu dia belum bisa ngomong, tapi ayat-ayatnya ada yang nempel dikepalanya. Saya juga baru ngeh sih setelah bongkar video lama, di usia 2 tahun 7 bulan, atas izin Allah, ternyata dia udah hafal Al Fatihah meskipun pengucapannya belum sempurna. Masyaa Allah.

    Saat usianya menginjak 3 tahun, dengan artikulasi yang setidaknya lebih jelas dari saat usia 2 tahun dulu, kami mulai 'fokus' ngajarin dia. Waktu itu, niat awal kami hanya ngajarin dia surat-surat dasar aja : Al Fatihah, Ayat Kursi, An-Nas, Al Falaq, Al Ikhlas dan Al Kafirun. Tapi seiring dengan waktu, saya nanya ke anak saya, dia mau udah hafal segitu aja (lanjut lagi pas udah sekolah), atau mau lanjut surat yang lain. Dia bilang dia mau hafalin surat yang lain juga. Masyaa Allah.


Bagaimana caranya ?

    Begini, menurut kami, ketika kita ngajarin anak bernyanyi atau ngajak anak dengerin lagu, biasanya anak bakal cepat ngikutin dan hafal, bukan ? Nah, gimana kalo kita tukar nyanyian dan lagu-lagu itu dengan ayat-ayat Al Quran aja ? Siapa tau jadi cepat ngikutin dan hafal juga ? 

    Lalu, biasanya saya men-talqin-nya, nanti dia ngikutin. Apakah dia sambil duduk tenang ? Tentu saja tidak, sampai hari ini dia menghafal masih sambil berlari kesana kemari dengan riang gembira, karena kalau disuruh duduk diam, dia gelisah dan sulit menghafal (karena memang gaya belajarnya dia kya gitu).

    Saya juga mengizinkan anak saya menghafal surat mana dulu yang dia mau, biasanya kalo gini justru dia lebih cepat hafalnya, Masyaa Allah, dibanding dengan surat yang saya pilihin. Sejujurnya, surat terakhir yang anak saya hafal di Juz 30 ini adalah surat At-Takwir dan di juz 29 kemarin adalah surat Al Jin; dan saya akui di dua surat yang dia pilih belakangan ini memang banyak PR-nya dan membutuhkan waktu yang lebih dibanding menghafal surat lain yang dia pilih duluan. Syukurnya, pas sekolah ini.. gurunya ngizinin dia menghafal mana yang dia mau dulu karena gurunya pun paham kalau setiap anak punya metode yang berbeda-beda dalam belajar. Masyaa Allah.

    Acak-acakan donk ? Insyaa Allah nggak, pas lagi murojaah biasanya saya yang ngasih tau urutannya yang sesuai, jadi AlhamduLillah walaupun menghafalnya lompat-lompat surat, tapi murojaahnya tetap berurutan Insyaa Allah.

    Jumlah ayat yang dihafal perhari biasanya bervariasi, tergantung dari panjang pendek ayatnya. Kalau waktu belum sekolah dulu, biasanya 1-5 ayat/hari. Kalau pas udah sekolah gini ya sama juga sih sebenarnya, tergantung dari panjang pendek ayatnya, bisa 1-3 ayat/hari. Cuma mungkin bedanya pas udah sekolah ini lebih fokus dibanding waktu belum sekolah dulu.

    Oh ya, sejak dia udah bisa baca, saya juga jadi beli papan tulis, papan tulis itu saya pasang di tempat strategis dia main. Nah, biasanya ayat yang lagi dia hafalin, saya tulis tuh di papan tulis. Jadi kan dia sekalian main, pas matanya liat ke papan tulis, sekalian dia baca. Atau pas dia lari-larian, sekalinya lewat papan tulis, sekalian ga sengaja kebaca juga. Insyaa Allah nempel dah tuh di kepalanya.

    Kami juga menyiapkan reward kepadanya, bukan kami, tapi ayahnya. Jadi kalau misalnya dia udah nyelesaiin berapa surat, biasanya dia dibeliin mainan atau apalah yang dia mau. Tapi, tetap diingatkan, walaupun nanti barangkali ga ada hadiah, harus tetap semangat menghafal karena Insyaa Allah nanti Allah yang ngasih hadiahnya di surga, hadiah yang jauuuuuuuh lebih bagus dari semua hadiah yang ada di dunia.

    Baik, kembali lagi mengenai "muterin murottal sejak kecil dan seharian". Efeknya ? Saya akui dari muterin murottal ini sangat membantunya menghafal, atas izin Allah. Kenapa ? Karena sejujurnya, kya pas hafalan juz 30-nya dulu, waktu QS Al Ghasiyah, dia udah 'nyelonong' duluan sampe ayat ke 18 dari yang dia dengerin selama ini, jadilah tinggal melanjutkan ayat-ayat selanjutnya sampai selesai, begitu juga dengan surat-surat lainnya. Masyaa Allah. 

    Maka lagi-lagi, mau memperdengarkan apa ke anak kita selagi dia sedang berada difase "cepat mengingat" dan "cepat hafal", kembali pada pilihan masing-masing orang tua...

---


Murojaahnya gimana ?

    Waktu belum sekolah dulu, biasanya saya bagi dua : pagi setelah sarapan dan sore sebelum tidur. Jadi siang hari dimanfaatin buat hafalan. Jedanya tentu saja dipakai buat main. Jadi jadwal dia tuh gini : sarapan - murojaah - main - tidur siang - makan siang -  hafalan - main - makan malam (sore sih biasanya) - mandi - murojaah - tidur. (atau kadang diputer main dulu, baru murojaah).

    Kalau udah sekolah sekarang, biasanya pagi sebelum berangkat sekolah, dia murojaah surat yang lagi dia hafalin, pulang sekolah setelah makan - istirahat - main, saya nyediain waktu khusus satu jam untuk dia fokus hafalan - main lagi - makan - mandi - murojaah - tidur. 

   Atau jadwal murojaah semua surat yang dia hafal saya geser semua ke weekend (Jumat sore murojaah semua juz 30, sabtu murojaah semua juz 29), tergantung anginnnya anak saya (tapi menurut saya ini lebih efektif untuk anak saya dibanding jumlah surat yang dihafal dibagi jumlah hari = segitulah yang harus dimurojaah-in dia setiap hari) 

---

Apakah ini non-stop ? Anak ga dikasi istirahat kah ?

    Tentu saja ada jadwal istirahat, ada waktunya anak kami minta jeda tiga hari, satu minggu bahkan satu bulan. Dia ga minta pun kadang saya yang nyuruh karena saya mau istirahat ambil nafas juga. Desember kemarin pun full sebulan dia ga ada menghafal, libur dulu, katanya, sebelum lanjut lagi. Saya sih gapapa, gurunya juga bilang gapapa karena dia pun udah Masyaa Allah sejauh ini. Tapi meski libur begitu, usahain tetap harus murojaah tiap hari biar yang udah dihafal sebelumnya nggak lupa~

  Dan lagi-lagi, kami pun sadar, dia tetaplah anak-anak yang dunianya adalah bermain dan bereksplorasi. Jadi biarlah dia tetap menikmati masa anak-anaknya dan menikmati proses belajarnya tanpa tuntutan.

---

    Sekarang, saya pun sedang mengulang cara yang sama pada anak kedua saya yang baru berumur 2,5 tahun yang kebetulan sama late talker-nya dengan anak pertama saya. Ya sama, masih ujung-ujungnya doank.. gapapa, ga masalah, namanya juga belajar~ nikmati prosesnya~


Apakah semua metodenya akan sama pada anak kedua saya  ? 

Kita lihat nanti karena setiap anak punya cara dan kemampuan yang berbeda-beda.


Lalu, apakah metode ini akan selalu dipakai pada anak pertama saya ?

Sejauh ini, iya. Namun seiring dengan waktu, kita lihat saja karena pasti akan ada perubahan seiring dengan bertambahnya usia dan waktu sekolahnya.


    Namun yang pasti, lagi-lagi, sebagai orang tua, kami hanya berusaha mengajar dan ikhtiar semampu kami dalam menjaga titipan Allah karena kelak Allah pasti nanya tentang pertanggungjawaban kami sebagai orang yang dititipkan oleh Allah. Iya, terserah Allah Ta'ala saja,

    Dan... biarlah anak kami tumbuh sesuai dengan fitrahnya, biar dia menikmati semua proses yang dia jalani dalam menghafal Al Qur'an dengan sepenuh hati dan jiwanya..

---


    Barangkali, itu aja sih cara yang saya lakuin selama ini. Yang paling utama, minta tolong sama Allah, minta sama Allah supaya kita dikasi kelapangan hati, kesabaran dan tenaga ekstra dalam mendidik anak-anak, minta supaya terus dilurusin niatnya .. Lillah.. Lillah.. Lillah.. karena yang paling utama tetaplah pandangan dan penilaian Allah, bukan manusia; pun anak-anak juga semoga diberi kemudahan dalam menghafal, mencintai dan mengamalkan Al Quran. Aamiin Allahumma Aamiin


    Semoga tulisan ini bisa membantu sedikit ya.. mohon maaf jika ada yang kurang berkenan~

   Semangat untuk kita sebagai orang tua yang sedang dan terus belajar dalam mendidik anak-anak kita, semoga kelak ketika hari akhir, kita bisa 'mengembalikan' titipan Allah ini dengan sebaik-baiknya sebagai orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Ta'ala..semoga Allah mudahkan kita mendidik anak-anak kita dalam kebaikan di tengah akhir zaman yang penuh huru hara ini..

    Barakallahu fiikum..


Komentar

  1. Maa syaa Allah... Tabarakallah.
    Jazakillah khayr, sudah berbagi ceritanya, Kak. Semoga menjadi pelecut semangat bagi kami. Semoga Allah mudahkan ananda menjadi penghafal Quran. Semoga menjadi penolong dan bisa mempersembahkan mahkota terindah untuk Ayah dan Bunda. Semoga Allah mudahkan Ayah dan Bunda dalam membersamai setiap prosesnya. Barakallahu fiikum ❤

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer