Melahirkan Mujahid Pertama : Seorang Hamba Allah Swt yang Pengasih, Cerdas dan Bertekad Kuat (Pengalaman Melahirkan Anak Pertama Part I)

Bismillahirrahmanirrahim
Asslamualaykum,

AlhamduLillah... Masyaa Allah, TabarakAllahu
Akhirnya janin yang telah tumbuh menjadi bayi itu sudah lahir pada Jumat, 26 Januari 2018, Ba'da Ashar pukul 16.43 WIB. Iya, bayi laki-laki itu bernama Abdurrahman R.A Azzam, Insyaa Allah, ia akan tumbuh menjadi seorang hamba Allah Swt yang penuh kasih, cerdas dan bertekad kuat dalam kebaikan, nama yang menjadi doa dari orang tuanya. Insyaa Allah.

Cerita melahirkan dimulai dari akhir dari hari Kamis, 25 Januari 2018. Saya berniat mijitin punggung suami, begitu mau mijitin, tiba-tiba selangkangan saya nyeri, tapi saya ga kepikiran apa-apa, paling nyeri-nyeri biasa.. masih nyengir-nyengir walaupun akhirnya ngga jadi mijitin punggung suami.

Sekitar pukul 23.30-an, saya ngerasa perut saya mules, ngga kepikiran kalo itu kontraksi.. karena selama hamil saya emang ga ngerti yang namanya kontraksi itu kya gimana.. pkonya taunya perut saya jadi berasa kencang, tegang, tapi yang ini mulesnya agak beda, dari pinggang ke bawah berasa ada yang ngedesak keluar, berasa kya BAB maksa, kemudian rasa mules itu hilang, muncul lagi di hari Jumat sekitar pukul 01.30-an, masih saya abaikan, saya pikir itu juga kontraksi biasa. dan kembali saya rasa sekitar pukul 03.30-an. Kebiasaan saya saat hamil, sebelum adzan subuh berkumandang, Insyaa Allah, bayi yang ada diperut saya selalu bangun duluan, grasak grusuk dalam perut...

Ba'da subuh, rasa mules mulai menjadi, datangnya setiap sepuluh menit sekali, kyanya tanda-tanda mau melahirkan sih, sharing juga sama teman yang udah duluan ngerasain melahirkan.. mereka bilang jangan nunggu ada flek atau ketuban pecah, pastikan kontraksi yang datang.. kalo beraturan, ya berarti itu beneran kontraksi asli tanda mau melahirkan.

Sekitar jam 07.30-an, setelah saya memastikan kalo kontraksinya sudah datang beraturan sekitar 10 menit sekali. Saya nelpon ke klinik tempat saya biasa kontrol kehamilan dengan dokter yang Masyaa Allah, klinik BMC (Batam Medical Center), katanya harap cek bukaan dulu ke bidan karena rumah saya di wilayah Batam Center, kalo datang tapi ternyata kontraksi palsu kan kasian di sayanya yang lagi hamil..

Sekitar jam 09.30-an, saya dan suami pergi ke bidan yang ternyata lokasinya tepat di belakang gang rumah. Waktu di cek (ternyata bidan magang yang waktu itu jaga !! bukan bidan aslinya), langsung keluar darah banyak di sarung tangannya ! Serius, saya trauma, bidan magangnya ngecek bukaan  ngga basa basi, main colok ngga bilang-bilang, dibilang kasar yaaa.. menurut saya kasar ! ngalah-ngalahin dokter coba, selama ini saya ga pernah kesakitan atau teriak selama cek dalam, tapi kali ini saya refleks teriak.

Setelah di cek bidan (magang) itu, ternyata saya udah bukaan satu longgar.. akhirnya kami pulang dari bidan dengan perasaan trauma, lebih tepatnya saya yang trauma gara-gara periksa dalamnya main colok gitu aja. Nyampe rumah, kami siap-siap untuk ke klinik BMC, beberes se-yang bisa diberesin saat itu, ganti sprei, nyuci piring, semampu yang​ bisa dikerjain soalnya emang kontraksinya itu datang setiap 10 menit sekali sih..

Begitu sampai di BMC, saya diperiksa bidan BMC..
Apa yang pertama kali saya bilang ke bidannya ?
"Mbak, pelan-pelan ya.. tadi periksa dalam di bidan dekat rumah, langsung keluar darah banyak". Yaps, bidan yang di BMC itu periksa dalam (lagi) dengan lembut, beda jauh sama bidan (magang) di bidan gang belakang rumah.

Setelah periksa, ternyata saya udah bukaan tiga. Di lantai dua, saya jalan-jalan, mumpung masih sanggup muter-muter. Masuk ke bukaan empat, tiba-tiba ada air ngucur ke bawah, saya nyengir.. saya kira itu ngompol, kakak saya bilang, "Ih jangan-jangan itu ketuban", maka jadilah saya pergi ke bidan yang jaga, saya bilang ketubannya pecah.. katanya gapapa dengan muka tenang. Sip, berarti saya yang kehebohan.

Setelah ketuban pecah, kontraksinya makin berasa, saya yang awalnya masih bisa nyengir, jalan-jalan akhirnya terdiam dan memilih baring sambil usel-usel kasur, remas-remas bantal, waktu itu suami lagi sholat Jumat.

Begitu suami pulang sholat Jumat, kontraksi makin menjadi, saya ulangi, rasanya bagian pinggang ke bawah itu ada yang ngedesak keluar secara paksa. Sampe beberapa kali diingatin jangan ngejan, tapi apalah daya.. mau saya tahan sepenuh jiwa raga dan tenaga, refleks ngejan sendiri dan saya ga kuat buat nahannya.. saya cuma bisa megang tangan suami, nyakar (untung kuku saya ga panjang) atau meluk suami sambil ngeremes kerah bajunya.. nangis pun udah gak keluar lagi airmata, sambil ngomong, "Gak kuat nahannya.. dia ngedorong sendiri, gak bisa ditahan"

Akhirnya, saya di cek lagi, udah bukaan lima, sekitar jam 14.00-an, setelah itu saya langsung di bawa ke ruang bersalin. Jam 15.00-an, di cek lagi ternyata udah bukaan delapan. Bidan pun langsung nelpon dokter.

Selama kontraksi rasanya saya bener-bener gak mau di tinggal, malah saya sempat bilang suami sholat di ruang bersalin aja.. jangan ninggalin saya, tapi kan ga boleh ya, laki-laki kan wajib sholat di masjid.. jadi akhirnya pas ashar suami tetep pergi sholat, saya bilang ke bidan jangan tinggalin saya, saya ga mau sendirian. Asli, beneran pasrah udah, udah mikir ini hari Jumat, kalo saya kenapa-napa, pokoknya ini hari Jumat, ba'da Ashar pula.

Setelah sholat ashar, dokter datang, sempatin sholat juga. Waktu itu udah bukaan lengkap, sigap, bidan di BMC langsung nyiapin semua perlengkapan melahirkan, bidannya ada dua orang. Suami pun udah siap sholat ashar dan balik nemenin saya.

Dokter yang masyaa Allah tenang pembawaannya itu langsung ngebimbing saya untuk ngejan, dibantu dengan dua bidan yang mendampinginya. Tenaga saya habis, selama kontraksi bukaan saya ga bisa nelan apa-apa, cuma kurma beberapa butir, minum pun dipaksa. Tapi, Insyaa Allah, the power of mindset ya.. saya langsung ubah mindset saya : "Ayo, Lin, kamu mau ketemu anakmu, semangat !! Kamu harus bisa !!"

Maka jadilah dengan sisa-sisa tenaga yang ada, saya berusaha ngejan sekuat-kuatnya, sambil gigit bedong punya anak yang udah disiapin sebelumnya. Beberapa kali ngejan, masih ga keluar-keluar.. tapi kepalanya udah keliatan, bidannya sempat liatin ke suami, "Ini kepalanya lho, Pak, tuh liat.."

Kembali ngejan berkali-kali, akhirnya.... Tenaga saya habis, dokter langsung minta dua bidannya itu untuk dorong perut saya, saya ingat, dengan pembawaannya yang tenang, beliau bilang ke dua bidannya, "Tolong bantuin dorong ya".. iya, dengan cepat dua bidannya langsung ubah posisi, yang satu nya diatas saya buat dorong perut saya dari atas.

Masih dengan sisa tenaga, saya berusaha ngejan, akhirnya karena saya ga kuat, disiapkan alat vakum. Perineum digunting (beneran udah mati rasa, ga terasa lagi kalo di gunting, etapi kyanya di kasi bius dulu sih.. *ga tau pasti), beberapa saat kemudian dokter nyuruh bidan pasangin selang oksigen ke saya (karena katanya jantung saya mulai melemah), begitu selang oksigen di pasang, saya ngejan.. dibantu vakum.... maka keluarlah Mujahid Allah Swt ini, Insyaa Allah.

Suami nangis, saya liat sekilas terus fokus liat bayi yang baru keluar dari rahim saya itu.. karena dokter langsung nyedot darah yang sempat ketelan bayi saya pas ngejan yang gak keluar-keluar dari hidung dan mulutnya, dia keluar ngga langsung nangis 😥 Udah gak mikir keadaan saya sendiri gimana. Mau nangis juga udah gak nangis lagi kyaknya. Pokoknya anak ga kenapa-napa.

Setelah selesai di sedot darahnya, baru si bayi nangis, bidan langsung gendong anak saya dan nyiumin ke saya.. masyaa Allah.. (oke, saya nulis ini kok pengin nangis ya, padahal pas melahirkan kemarin ga nangis (karena udah ga bisa lagi)) dan ngebawa anak saya untuk dibersihin, suami juga diajak buat urus keperluan ini itu.

Selanjutnya, dengan keadaan udah mati rasa karena dibius, plasenta dikeluarin, sobekan perineum saya di jahit (kata suami sih satu kali guntingan aja kemarin, karena beliau ngeliat). Dokter yang sebelumnya nanganin saya alihin jahit menjahit perineum ke dokter satunya karena beliau nanganin orang yang juga mau melahirkan secara caesar, dokter yang nanganin saya selanjutnya ini sering gantiin beliau kalau beliau berhalangan hadir atau ada urusan. Udah ga tau berapa kali dibius, tapi pas dijahit ga berasa, berasa ngilu dikit sih pas benangnya ditarik. Pas saya tanya berapa jahitan, katanya luar dalam, ngga dikasi tau berapa jahitan.

Begitu selesai dijahit, suami balik lagi, sambil nunjukin foto anak saya yang udah dibungkus pake kain bedong.. masyaa Allah.. anak jaman sekarang, udah melongo aja begitu lahir, matanya celingukan kemana-mana. Katanya, mirip saya. Setelah itu, dipapah, itu juga badan saya udah gemetaran semuanya,nsaya didudukin di kursi roda, balik lagi ke kamar rawat, diliatin orang-orang (mungkin keluarga yang mau melahirkan caesar itu sih, rame soalnya) sempat ngeliat sih di lantai ruang bersalin ada darah gitu, mungkin darah saya pas melahirkan tadi.

Setelah ke kamar rawat, saya ngerasa pant*t saya kebas. Rasanya ga pengin gerak yang bikin pant*t bergeser. Saya diizinin istirahat.. ga langsung IMD soalnya bayinya biar hangat dulu di inkubator.

Malamnya, sekitar sebelum isya, bayi mungil itu datang digendong Ayahnya, iya, suami saya resmi jadi Ayah dan saya resmi jadi seorang Ibu, Insyaa Allah, AlhamduLillah.. ❤

Untuk pertama kali, saya nyusuin dia, dan sepanjang malam.. kami bertiga, saya diapit dua laki-laki yang Allah Swt titipkan ke saya : suami, dan bayi yang kelak menjadi mujahid ini, insyaa Allah. Dia tidur di samping saya karena kan emang ASI, jadi ditempatin di samping ibunya buat nyusu, masyaa Allah dari jam 11 sampe jam 3 dia bobok anteng ganteng, tapi pas jam 3 pagi dia sempat gumoh 😣 berhubung baru beberapa jam jadi ibu, saya panik, langsung bangunin suami, suami langsung bawa ke ruang bidan yang jaga.. saya juga langsung berdiri walaupun gemetaran, udah ga mikir keadaan sendiri.. saya ke sana juga, ALhamduLillah si bayi ga kenapa-napa, dia masuk angin, jadi gumoh 😥

Siangnya besoknya, Sabtu (27/01) kami pulang ke rumah, dengan wajah sumringah, bahagia, masyaa Allah.. diiringi senyum lebar dan tahniah juga dari bidan, perawat, staff di BMC :")

Masyaa Allah.. TabarakALlahu..

---------------------

Komentar

Postingan Populer