Melahirkan Seorang Hamba Allah Swt yang Pengasih, Cerdas dan Bertekad Kuat (Pengalaman Melahirkan Anak Pertama Part II)

Dari segelintir kisah saya melahirkan di Part I, maka, saya akan sebut yang membantu proses melahirkan saya..

Siapakah dokter yang saya maksud ?
Beliau adalah dr. Adri Yanti (dr. Aad)

Memang di awal kehamilan, saya ngga kontrol langsung ke beliau, tapi bareng suami emang udah niat bakal ke sana dan mau melahirkan sama beliau.

Kenapa ngga langsung ke beliau ? Karena waktu awal hamil saya mabok berat, ngga bisa pergi jauh, jadilah milih dokter terdekat dulu.

Begitu masuk trimester dua, Insyaa Allah keadaan saya juga udah mulai membaik, udah mulai jarang sakit. Kami berniat langsung kontrol ke beliau dan QadaruLlah, kya cerita saya dipostingan sebelumnya, saya dan suami jatuh dari motor. Maka kamipun langsung ke klinik BMC, langsung kontrol ke beliau, lebih cepat beberapa hari dari yang direncanakan.

Betapa salutnya suami dengan klinik ini ketika kejadian kami jatuh, begitu sampai di sana.. kami ngga disuruh urus administrasi atau tralala trilili dulu, tapi saya langsung di bawa ke ruang perawatan, langsung disuruh istirahat dan dibersihin lukanya. Saya langsung diberi antrian kontrol dokter di awal-awal. Begitu suami mau urus administrasi, mereka bilang ngga usah bayar, biar aja saya istirahat sambil nunggu dokter. Free. Bukan masalah free-nya sih, karena suami juga kan mau urus administrasi pembayarannya waktu itu. Tapi jarang-jarangan di Batam ada klinik atau RS atau sejenisnya yang mendahulukan keselamatan pasien daripada pembayaran.. nah kalo di sini justru yang penting pasien selamat dulu, urusan administrasi belakangan aja. Insyaa Allah. 

Disinilah pertama kali saya ketemu dr. Aad, dokter yang "legend" di kalangan Ummahat Batam, dokter dengan kerudung panjangnya, dengan pembawaannya yang tenang. Waktu USG, beliau tunjukin kalo janin saya sedang sujud, beliau pun sempat speechless.. bolak-balik satu-satu di cek keadaan saya, memastikaan kalo kandungan saya baik-baik aja pasca jatuh dari motor.

Selanjutnya, kontrol ke dokter, walaupun jarak rumah dan klinik lumayan jauh, apalagi ditambah antrian pasien beliau yang seringnya membludak, jadi hal yang menyenangkan bagi saya.. :")

Beliau selalu yakinkan saya untuk bisa lahiran normal, secara tinggi saya hanya 145 cm dan berat badan selama hamil cuma mentok di 42 kg walaupun udah makan banyak, tapi beliau selalu menanamkan perasaan optimis ke saya. Nasehat yang keluar juga ga cuma dari sisi medis, tapi juga dari sisi agama Islam. Beliau juga selalu kontrol berat janin saya supaya tetap sehat tapi ngga over karena fisik saya yang segini.

Lagi, seperti cerita saya di postingan sebelumnya, di minggu ke 33, saya diminta bedrest karena janin yang sudah berubah jadi bayi ini udah duluan ke panggul sebelum waktunya, beliau khawatir bakal prematur.

Begitu masuk minggu ke 36, kami kembali kontrol dengan beliau. Periksa panggul, beliau yakin Insyaa Allah saya bisa lahiran normal, sejak awal emang beliau selalu bilang jangan lupa berdoa sama Allah Swt, minta yang terbaik sama Allah Swt. Di buku kontrol juga ditulis "Banyak berdoa pada Allah Swt" :)

Masuk ke minggu 37, ternyata si bayi ini juga belum mau keluar, waktu itu kami kontrol hari Rabu (24/01), di cek beratnya ternyata 2,6 kg.. memang the power of sounding sih, selama hamil saya emang suka ngomong, "Beratnya jangan lebih dari 3kg ya, Nak.. "

Daaaaan ternyataaaa.. dua hari setelah itu (26/01), si bayi ini mau keluar. Lagi, the power of sounding sejak dikandungan mungkin ya (tapi yang pasti itu QadaruLlah di Lauh Mahfudz). Saya juga suka ngomong, "Keluarnya pas minggu ke 38 ya, Nak, biar kita sama-sama kuat, sehat" .. daaan.. benar, dia mau keluar tepat di minggu ke 38 (lebih 1 hari sih).

Iya, selama proses melahirkan, dr. Aad, dengan pembawaannya yang tenang namun cepat dan sigap segera menangani setelah sebelumnya menyempatkan diri buat sholat ashar, beliau selalu memulai dengan BismiLlah, bahkan untuk ngegunting perineum saya. Sama sekali ngga ada kepanikan selama proses melahirkan.

Saya dibimbing untuk tetap semangat, tenang, berusaha untuk ngejan dibantu dengan dua bidan yang menemaninya. Ya begitulah, meskipun pada akhirnya tenaga saya habis di saat menunggu kontraksi bukaan dan berujung dengan alat vakum.. tapi bagi saya, beliau sudah sangat berusaha untuk pasiennya, selanjutnya semua ditangan keputusan pasien.

Setelah menangani saya, beliau segera menangani pasien selanjutnya yang juga hendak melahirkan. Saya diabaikan ? Ya nggaklah, nanti saya cerita lagi tentang dokter yang selanjutnya nanganin saya.

Oke, masih tentang dr. Aad, kemarin, seminggu setelah melahirkan, saya kembali kontrol jahitan. Beliau mengucapkan tahniah karena saya udah 'berhasil' melahirkan secara normal walaupun pake vakum. Beliau juga ngasih panggilan saya : "Linda Kecil" yang melahirkan "Bayi Imut", masyaa Allah❤

Agak ngeri-ngeri sih pas disuruh naik lagi ke tempat tidur melahirkan yang mesti ngangkangin kaki itu, secara ada jahitan meeeen.. 😥 begitu di periksa, periksa jahitan dalam dan luar, ALhamduLillah beliau bilang jahitan saya udah sembuh.. katanya kalo mau jongkok-jongkok juga udah gapapa  selain itu juga sempat USG lagi, memastikan kalau rahim saya sudah mengecil kembali. Masyaa Allah.

Setelah itu beliau tanya tentang si bayi yang rencananya juga mau kontrol ke dokter anak, beliau jelasin tentang jarak kehamilan.. hak anak untuk mendapat ASI selama 2 tahun yang juga udah dijelasin dalam Al-Qur'an.

Terakhir, saya tanya ke beliau, "Dokter, kapan kontrol lagi ?",
Beliau jawab, "kalau udah ngga ada keluhan lagi, ngga usah kontrol lagi.. kan bayinya udah dilahirkan.."

Terus kami keluar ruangan beliau, sebelumnya seperti biasa, saya selalu salam cium tangan dr. Aad. Saya sedih, beneran sedih mau nangis (lebay ya ? tapi beneran lho). Saya ngerasa kya kehilangan ibu.. karena sejak awal saya jatuh dari motor sampai akhirnya saya melahirkan beliau selalu ngasih saya semangat, support, perasaan optimis, nasehat yang langsung ke hati. Masyaa Allah.

Begitu pulang, saya bilang ke suami, "kalo mau ketemu dr. Aad, masa mesti hamil dulu lagi.. baru aja melahirkan.. yaudah nanti pasang KB nya sama beliau aja ya biar ketemu lagi"

Yaps, begitulah, suami juga ternyata ngerasa 'kehilangan'..

JazaakiLlahu khayran katsiran dr. Aad, dokter yang bikin saya ngga trauma melahirkan sejak awal melahirkan (Insyaa Allah, maksudnya biasanya orang abis melahirkan kan agak trauma gitu mau melahirkan lagi walaupun nanti-nantinya punya anak lagi), dokter yang ga cuma sekedar dokter bagi saya, dokter yang bikin pasiennya, saya, sayang sama beliau.. bahkan kadangan saya masih mimpi lagi nunggu antrian di klinik BMC.. 

Semoga Allah Swt selalu memberkahi beliau, semoga setiap kebaikan yang dilakukan oleh anak sayapun turut membuahkan pahala untuk beliau yang sudah membantu saya melahirkan calon mujahid ini, Insyaa Allah.. Aamiin
--------

Mengenai dokter kedua yang menangani saya.. 

Beliau adalah dr. Rinta, biasanya beliau yang gantiin dr. Aad kalau dr. Aad ada urusan. 

Pertama kali ketemu dr. Rinta, waktu saya masih hamil 21 minggu, kebetulan jadwal kontrol. Berhubung dr. Aad lagi ada urusan, jadi ditawarkan dua opsi, mau ke dr. Rinta atau ke dr. Maryana, suami milih dr.Rinta yang memang praktiknya di ruang dr. Aad, gantiin beliau.

Beliau keliatan kya dokter muda biasanya, komunikatif, pas saya USG.. Beliau jelasin sejelas-jelasnya dari hasil USG, ini lingkar kepalanya, ini plasentanya, ini tulang pahanya.. dan begitu saya tanya jenis kelamin, kebetulan si bayi ini lagi ngangkang (ngga sopan 😂😂), beliau arahin alat USG nya itu ke bawah, beliau bilang, "Insyaa Allah laki-laki, ni kebetulan kakinya lagi ngebuka nih..keliatan kan.." *keliatan (monasnya) 😂😂

Walaupun beliau gantiin dr. Aad, tapi saya puas dengan penjelasan dari dr. Rinta, sangat puas :)

Pas saya melahirkan, dr. Rinta-lah yang dimintabantuin dr. Aad untuk masalah jahit-menjahit karena beliau lanjut ke pasien yang mau operasi caesar. 

dr. Rinta yang ngeluarin plasenta saya, dan ngejahit perineum saya, kebetulan waktu itu saya udah "agak" relaks, jadi selama proses penjahitan, saya sempat nanya ke dr. Rinta, berapa jahitan. Beliau cuma bilang, "Jahit luar dalam."

Terus, selama proses jahit-menjahit itu, saya tanya, apa yang gak boleh dimakan selama ngASI, beliau bilang makan aja semuanya terserah.. proses dari ngASI kan ibunya bahagia, kalau ibunya bahagia ASI juga Insyaa Allah lancar, coba kalo ini itu dilarang, yang ada ibunya stres.

Setelah dijahit, dr. Rinta pergi dan saya belum sempat bilang makasi ke beliau 😥  Tak berapa lama, saya dibawa ke ruang perawatan.

Saat saya kontrol jahitan, dr. Aad ngecek dan bilang, jahitan dr. Rinta rapi. 

Begitulah, saya ngga tau ketemu dr. Rinta lagi apa ngga nanti, tapi yang pasti, JazaakiLlahu khayran katsiran untuk dr. Rinta, semoga Allah Swt selalu memberkahi beliau. Insyaa Allah.. ❤


------

Yaps, begitulah, mengenai dua dokter yang sudah membantu proses melahirkan saya, ngga ada unsur apa-apa dari tulisan jni, saya hanya berterima kasih, tetap Allah Swt-lah yang membalas semua usaha yang mereka lakukan untuk pasiennya.

Terima kasih juga untuk dua bidan tangguh yang udah bantu proses melahirkan, yang tangannya juga hampir saya cakar pas kontraksi datang waktu saya minta temanin pas suami lagi sholat. 

Yaps.
JazaakumuLlahu khayran katsiran untuk semua staff, bidan, karyawan dan semua-semua yang ada di klinik BMC (Batam Medical Center), saya bakal kangen suasana di sana. Insyaa Allah.. 


With Love,
"Linda kecil" ❤

---

Tambahan :
Ada yang nanya kok cepat kering jahitannya ? Yang pertama pasti qadaruLlah (karena saya dan suami ngurusnya cuma berdua, tanpa bantuan orang tua atau siapa), yang kedua.. selama hamil, rajin-rajinlah makan kurma.. ketiga, pasca melahirkan saya selalu ngebasuh pake air yang udah dicampur dettol cair antiseptik setiap habis BAB/BAK, setelah saya liat ternyata di botolnya emang ada tulisan untuk penyembuhan pasca persalinan dan yang keempat, tutup jahitan pakai betadine (beneran merk betadine) yang udah ditaruh di kain kasa, jangan tuang ke pembalut, pembalutkan sifatnya menyerap, ntar betadine nya keserap ke pembalut. Gapapa sering ganti pembalut, tapi Insyaa Allah cepat kering kok jahitannya :)

Komentar

Postingan Populer