Melahirkan Mujahid Kedua : Seorang Hamba Allah Swt yang Bahagia dan Memiliki Iman yang Kokoh.

Bismillah
Assalamualaykum, 
*lanjut dari postingan sebelumnya.

Minggu ke 38 akhir, 
Lebih tepatnya 38 minggu 6 hari, ketika saya sudah berada di fase pasrah, lebih pasrah dengan berapapun berat badan janin dan apapun tindakan melahirkan yang akan dilaksanakan nanti; Akhirnya gelombang cinta itu datang. Mulai terasa sejak pukul 3 dini hari. 

Berbeda dengan kehamilan pertama yang dimulai berjeda-jeda sejak pukul 1/2 11 malam - 1/2 3 dini hari - subuh - ba'da subuh - 15 menit sekali, dst

Kali ini justru terasa langsung 5 menit sekali. Karena saat itu suami kerja shift malam dan nunggu Beliau yang langsung pulang begitu saya kabari mengenai kontraksi yang sudah intens, saya memilih baring doank sambil (sok-sokan) latihan pernapasan. 

Begitu suami pulang, saya baru berani mondar mandir di rumah, main birthing ball biar makin cepat bukaan dan tentunya sarapan! ngisi tenaga karena waktu melahirkan Si Sulung, Azzam, dulu, saya sama sekali ga makan, cuma fokus di rasa sakit kontraksi. Minum air putih pun saat itu rasanya ga masuk lagi. Jadi untuk proses melahirkan yang kedua ini, saya ga mau mengulang kesalahan yang sama *eaa~

Setelah menelpon klinik, akhirnya kami bersiap-siap. Azzam ikut, tentunya. Kami tidak menitipkannya dirumah siapa-siapa, kami meminta tolong sepupunya (a.k.a keponakan saya) yang sudah duduk dibangku kuliah untuk menemani bermain di kamar di klinik selagi saya melahirkan ditemani suami. Karena memang dia tidak pernah dititipkan ke rumah orang dan saya yang ga gampang percaya lagi untuk nitipin dia sejak kejadian diberi minum air gula seminggu sebelum masa MPASI-nya. Lagipula, setiap ditanya, dia selalu menjawab bahwa dia tidak mau ke rumah sepupunya jika tidak bersama saya.

Sekitar pukul 7 pagi, kami berangkat ke klinik. Saya ga lagi cek ke bidan deket rumah kya waktu melahirkan pertama dulu untuk cek bukaan berapa, tapi langsung ke klinik karena kontraksi yang emang udah intens mulai 3 menit sekali. 

Kalo dulu hospital bag hanya berupa tas punggung, sekarang bawa koper karena di dalamnya otomatis udah ada tambahan baju Azzam untuk selama nginap di sana. Di dalamnya sudah saya susun per-set pakaian menggunakan zipper bag. 



Begitu nyampe sana, kisaran pukul 8, dicek bukaan. Ternyata sudah bukaan 4, Pemirsa. Kemudian diminta untuk menunggu di kamar. Kami memilih kelas 2. Karena situasinya saya hanya satu-satunya orang yang sedang melahirkan di tanggal segitu, jadi yaa ga ada orang lain di kelas apapun. Bener-bener cuma kami doank.

Sambil menunggu, saya mondar-mandir di kamar, sesekali ngemil roti. Setelah itu, saya dan suami diminta langsung ke ruang bersalin. Azzam ditinggal main bareng sepupunya. Saya emang sengaja bawa lego dan buku untuk dia supaya dia ga bosan.

Nyampe ruang bersalin, saya di tes antigen dulu. Setelah itu, untuk mempercepat bukaan, ketuban saya dipecah. Udahlah ya, udah tau sendiri kalo ketuban pecah itu udah mulai tak terkontrol rasanya. Di situ saya masih sok-sokan latihan pernapasan sambil ngeremas tangan suami tiap kontraksi datang, tapi tenang aja, hampir tiap hari saya ngecek kuku kok, jaga2 kalo melahirkan siapa tau saya khilaf nyakar suami 😂. 

Makin lama kontraksi mulai membabi buta. Dokter yang waktu itu juga udah standby bilang, yaudah kalo ga tahan lagi nahan kontraksi, gapapa, Beliau pijat supaya jalan lahir ga ketutup. 

Setelah itu, barangkali kisaran 30 menit, udah bukaan lengkap dan diminta ngejan tiap kontraksi datang. Saya rasa yang bantuin dokter udah siapin mental dengan semua kemungkinan, secara mereka liat riwayat melahirkan sebelumnya yang notabene berat bayinya 2,55kg aja udah pake vakum. Apalagi ini yang prediksinya 3kg. 

Setiap kontraksi datang, saya ngejan. Berkali-kali, masih belum keluar-keluar, saya mulai putus asa. Selang oksigen udah dipasang. Rasanya pengin ngomong gini aja, "Dokter, gunting aja langsung perineumnya ! Vakum langsung gapapa!", tapi kan ga boleh gitu kan.. mesti bertahap ikhtiarnya.. 

Ngejan berkali-kali masih belum lahir-lahir, bahkan sampe kepala saya diangkat suami, perut didorong sama dua asisten dokter. Masih juga belum keluar. Seperti biasa, perineum di gunting, akhirnya coba pake vakum. 

Dan.. Masih belum keluar juga 😭 Saya pasrah banget, yaudahlah apapun itu.. mau diapain kek, terserah, kalo kenapa-napa.. Insyaa Allah ini jihad saya tapi tetap aja kepikiran sama Azzam, Karena dia selalu nungguin "adek lahir" supaya bisa tidur pelukan sama saya lagi, supaya bisa digendong saya lagi, supaya bisa main ditemenin lagi.

Sampai akhirnya vakum dihentikan. Dipakailah FORSEP untuk menarik Mujahid Kedua ini. QadaruLlah dengan bantuan forsep, akhirnya lahir juga. Sama kya Azzam dulu, dia ga langsung nangis, jadi dilakukan beberapa tindakan sampai akhirnya dia nangis. Karena kondisinya, lagi-lagi saya ga bisa langsung IMD, hanya diciumkan ke saya, karena langsung harus mendapat perawatan dengan kondisinya. Hiks. 

Suami diminta ikut untuk ngurus keperluan bayi. Saya masih di ruang bersalin, proses jahit menjahit pun dimulai. Selama proses jahit menjahit, saya pasrah karena robekan kali ini sampai derajat 3 (*browsing aja sendiri derajat 3 tu yg kya gimana). 

Saya sempat nanya ke dokter, "Dokter, jaitannya banyak ya ?" 

Beliau menjawab, "Nggak sebanyak waktu melahirkan Azzam dulu.." (*beliau udah kenal Azzam, sempat nanyain Azzam sebelum persalinan dimulai)

Saya tau, Beliau menghibur saya, lagian dulu pas jahit juga sama dokter yang lain. Selama 30 menit (lebih), proses jahit menjahit belum selesai-selesai juga. Dari yang ga berasa ketika jarum ditusuk, sampe akhirnya berasa. Saya rasa lebih lama proses menjahit daripada proses melahirkannya 😅. Selama proses menjahit, saya diberi teh manis yang diminumkan pake pipet dan dipegang asisten dokternya. 

Setelah selesai proses jahit menjahit, bekas darah-darah di tubuh saya dibersihkan. Dokter yang kebetulan memang ada jadwal praktik di salah satu RS langsung pergi, saya sempat bilang "Makasi, Dokter.. "

Kelar semuanya. Saya dibawa lagi ke kamar. Azzam udah nunggu di depan pintu kamar. Suami masih dimana-mana (*gatau dimana) ngurus Mujahid Kedua. 

Azzam langsung tanya, "Adek udah lahir ?"

"Udah.. "

"Bunda udah boleh gendong Azzam ?," Pertanyaan selanjutnya dia, permintaan sederhananya. 

"Tunggu Bunda sembuh dulu ya, Nak.. "

Setelah itu, seperti biasa. Dua jam pertama, masa genting. Kebas rasanya. Saya ngantuk berat, tapi nahan mata dulu di dua jam pertama ini sambil makan roti sama minun air putih. Udah bawa susu coklat rasa hazelnut kesukaan saya dengan niat, "ah pengin minum ini ah nanti biar enak abis melahirkan" *halah~ apalah daya, tak berselera. 

Btw, suami juga belum tidur semalaman. Azzam emang ngga tidur siang, main terus, emang sengaja juga sih supaya setelah maghrib dia langsung tidur dan kita semua bisa istirahat *planningnya gtu. Saya sempat mual pengin muntah. Dipapah ke wastafel, tapi ga muntah, perut masih amburadul rasanya. 

Siangnya, setelah dua jam pertama berlalu. AlhamduLillah. Saya nyuruh suami tidur, kasian sih.. udahlah kemarin kerja masuk shift malam, ga tidur. Paginya lanjut lagi. Beliau sudah melakukan yang terbaik sebagai suami dan ayah bagi anak-anak. Sudah turut berjuang dan menjadi saksi perjuangan istrinya, malah kyanya tiap melahirkan, justru suami yang nangis, bukan saya. Jadi reward dari saya adalah meminta Beliau tidur.. istirahat.. *reward macam apa ini. 

Saya melahirkan sekitar pukul 10 pagi, sementara Si Bayi baru diantar ke saya sekitar pukul 3 sore. Di sisi kepalanya ada jejak merah bekas forsep yang Insyaa Allah bakal hilang seiring waktu (AlhamduLillah bekasnya udah hilang ketika postingan ini di tulis). 

Ga usah ditanya se-excited apa Azzam sampe manjat terus-terusan liat adeknya di box bayi. Memang agak mengerikan liatnya 😂, tapi di satu sisi.. di situ dia mulai menunjukkan sikapnya sebagai abang : puk puk adeknya tiap adeknya mulai rewel dan nangis. Dia auto manjat kursi, puk-puk adeknya pelan-pelan. Masyaa Allah. Semoga Allah selalu menyatukan hati kalian ya.. Dua mujahid kesayangan Bunda.. 

Sekarang, AlhamduLillah udah seminggu berlalu. Kalau diingat-ingat lagi saya "diobok-obok", rasanya langsung nyuuusss.. Belum lagi liat gambar jahitan perineum derajat 3 di google, nyut-nyutan rasanya 😂

AlhamduLillah tali pusar udah puput. Jahitan perineum saya juga udah mulai sembuh, saya masih menggunakan perawatan yang sama dengan cara yang saya pake waktu melahirkan Azzam dulu : basuh dengan air hangat campuran dettol liquid, pake kain kasa + betadine (beneran merk betadine karena lebih cepat kering) dan pembalut atau pantyliner (kalau darah nifasnya udah mulai berkurang). Terakhir cek, dokter bilang kisaran 5 hari lagi masih mesti pake gituan. Kalo dihitung masa penyembuhan jahitannya berkisar 2 minggu, beda dengan dulu yang 1 minggu jaitannya udah kering *yaiya, yang kali ini lebih amazing~ 

Trauma ga kira-kira ? 
Yang saya tau, hamil dan melahirkan adalah fitrah perempuan. Hamil dan melahirkan adalah "kesakitan" yang dirindukan. Meski nyawa taruhannya. 

Dan lagi-lagi, 
Saya cuma bisa bilang JazaakiLlahu khayran katsiran untuk dokter yang menangani saya selama ini : dr. Aad. Dokter yang selisih usianya hanya 2th dari Ibu saya.. yang selalu mengingatkan saya untuk terus berdoa sama Allah, yang selalu optimis dan meyakinkan saya. Dokter yang Masyaa Allah luar biasa bagi saya.. Sungguh, hanya Allah yang mampu membalas segala kebaikan Beliau.. Hiks. 


"Walau badan Linda kecil, tapi Linda Ibu yang yang tangguh," Kata Beliau. Masyaa Allah. 

Saya sedih. Beneran sedih. Kontrol terakhir pasca melahirkan sama Beliau. Berasa ga pengin pisah gitu. Hahaha. Tapi kalau ditanya, nambah lagi nggak ? Allahu'alam karena ada beberapa pertimbangan syar'i yang kami pikirkan mengingat kondisi saya selama dua kali kehamilan & persalinan. Semoga saya bisa ketemu Beliau lagi di kajian atau seminar yang diisi Beliau. 

Pun terakhir kontrol kemarin, Azzam bilang, "Terima kasih ya, Ibu Dokter, Adek Azzam udah lahir.." Masyaa Allah.. Iya, Beliau selalu meladeni Azzam yang juga selalu bercerita setiap kali kontrol. Apapun yang Azzam ceritakan, Beliau mendengarkan dan merespon dengan excited. Azzam yang memang suka berceloteh ini ya makin senang kalo diladeni 😂

Yaps,
Begitulah, 
setiap kehamilan dan persalinan punya cerita yang berbeda, perjuangan yang berbeda-beda pula. Jika ada yang menganggap "melahirkan anak kedua lebih mudah", alhamduLillah bagi yang diberi "kemudahan", tapi setiap Ibu punya perjuangannya sendiri. Allah sudah menakarnya. Mau melahirkan dengan cara apapun, semuanya jihad. 

Kami semua sedang belajar. Saya pun tak menuntut Azzam untuk "pengertian" terhadap adeknya, karena bagi saya.. kami selaku orang tuanya lah yang lebih dulu harus belajar, bukan menuntut anak usia 3th untuk lebih pengertian terhadap adeknya. Semoga kami bisa menjaga dan mendidik amanah-amanah Allah ini sebaik-baiknya dengan ridho Allah.. Aamiin.. 

Komentar

Postingan Populer