Kehamilan Mujahid Kedua

Bismillahirrahmanirrahim.. 
Assalamualaykum, 
Jadi sebenarnya dari zaman hamil, udah pengin banget nulis blog ini. Tapi sering milih tidur aja daripada nulis *toyor

AlhamduLillah.. 
Masyaa Allah tabarakAllahu.. 
Mujahid yang Insyaa Allah dititip Allah lewat rahim saya bertambah satu lagi, Ammar, panggilannya; setelah mujahid pertama kini berusia > 3 tahun. 

Sengaja aja sih, nyari yang semua namanya panggilan depannya A. Biar dari ayah sampe anak panggilan depannya huruf A *apasih. 

Dimulai dari kisah kehamilan kedua yang nyaris berbeda dari kehamilan pertama. Zaman hamil pertama dulu, saya cuma ngerasain morning sickness selama 3 bulan pertama, sementara kali ini sampe trimester 3 saya masih morning sickness. 

Belum lagi kehamilan kedua yang bikin saya pengin makan makanan manis  padahal tau beresiko banget terhadap berat badan janin untuk perempuan berukuran tubuh kya saya (fyi, tinggi saya alhamduLillah kisaran 145cm saja). 

Hamil pertama yang hampir tiap bulan langganan demam sementara hamil kedua yang AlhamduLillah cuma sekali aja pernah pilek. Sisanya sehat Insyaa Allah.

Malas mandi - rajin mandi, dan sebagainya yang rata-rata cukup berbanding terbalik. Tapi tetep ada sedikit persamaan : berat badan saya yang ga begitu naik banyak, mentok di 43kg; kulit wajah yang ga berjerawat walau hanya cuci muka sekali + ga skinkeran sama sekali. 

Makanya saya ga pernah percaya sama mitos hamil. Yang katanya hamil anak perempuan ginilah, anak laki-laki gitulah. Padahal saya sama-sama hamil anak laki-laki, tapi yaaa hampir beda bawaannya. 

Selain itu, ada juga persamaan dari kehamilan kedua ini : Beresiko prematur. 

Iya, 
Keduanya beresiko prematur. 
Kenapa ? Karena ukuran tubuh saya yang "segini", janin yang semakin bertambah beratnya dan leher rahim yang tergolong "cepat terbuka" (monmap ga tau istilahnya) jadi janin keburu kecepatan masuk panggul. 

Kalau kehamilan pertama udah masuk panggul dan "turun" di minggu 32, hamil kedua ini dimulai sejak minggu ke 25. Jadilah sejak minggu ke 25 saya udah diberi obat relaksasi rahim karena resiko prematurnya lebih besar. 

Kalo keliatannya saya nyantai-nyantai, setrong, kya biasa dan sebagainya, percayalah, itu hanya tampak luarnya saja. Saya lebih banyak bedrest, istirahat. 

Tapi salah satu yang saya syukuri adalah.. saya dititipkan anak pertama yang hatinya penuh kasih sayang dan pengertian; yang "ngizinin" saya istirahat bahkan ngingetin saya untuk istirahat aja sementara dia main sendirian di sebelah saya. Pun main dengan saya, biasanya saya main sambil baring dan tak ada protes darinya *tisumanatisu, hiks. 

Makanya setelah saya melahirkan dan sembuh pasca persalinan, saya hanya ingin "menebus" waktu saya dengannya.

Baik, kembali pada topik. Jadi selama kehamilan minggu ke 25, saya mesti benar-benar hati-hati, karena kata dokter, minimaaaaall banget, kesiapan lahir dari seorang bayi adalah minggu ke 36. Meski masih tergolong prematur, tapi kalau pun ada resiko, resiko yang ditimbulkan ngga begitu besar. 

Selama menanti minggu ke-36, selain banyak istirahat, saya juga sering sounding, tentunya dibantu oleh suami & Si Sulung. Soundingnya sih minta lahir diminggu ke 37 aja. 

Masuk minggu ke-36,
Saya masih belum rajin jalan atau main birthing ball sebelum akhirnya ketemu dokter dan dinyatakan, "boleh."

Setelah itu, baru saya tancaaaap gas.. Rajin jalan pagi sampe 1KM, main birhting ball pagi - siang - sore, makan buah-buahan tropis (kurma, nanas, kiwi) yang katanya membantu agar cepat kontraksi asli. 

Kenapa kok kya keburu-buru banget? 
Iya, karena kami, khususnya saya khwatir dengan berat badan janin yang seringkali dibatas atas. Lagi-lagi, karena ukuran tubuh saya yang segini. 

Memang sih, setiap cek dalam, dokter bilang Insyaa Allah panggul saya cukup dilalui bayi berukuran segitu. Tapi kan tetep aja makin hari makin nambah beratnya. Pun sebelum melahirkan, berat badan janin dari perhitungan USG udah kisaran 3kg. 

Cemas ? Iya.
Karena kehamilan pertama saya melahirkan pervaginaan, otomatis khawatir kalo yang kedua ini bisa-bisa malah operasi. Dokter yang saya katakan Masyaa Allah nasehatnya ini sih selalu ngingetin saya untuk sholat, berdoa, minta segala kemudahan ke Allah.. 

Sebenarnya kenapa khawatir ? 
Alasannya sederhana, bukan karena kami hanya ngurus berdua doank. Tapi karena saya mau cepat sembuh dan gendong Si Sulung, dia yang selalu sabar dan bilang, "Nanti kalo Adek udah lahir, Bunda gendong Azzam lagi ya.. Azzam kangen digendong Bunda." (Sedih ga sih dengar permintaan sederhananya ini ? *tisulagimana*) 

Tapi, qadaruLlah.. 
Allah Maha Tahu yang terbaik, udah nunggu sampe masuk 38 minggu, ternyata masih belum lahir, padahal awalnya diprediksi nyaris prematur. Sementara Si Sulung dulu, lahir tepat di hari pertama minggu ke 38. 

Sampai akhirnya di akhir minggu ke 38, lebih tepatnya 38 minggu 6 hari, ketika saya udah benar-benar pasrah, " Yaudahlah, berapa aja beratnya, gimana lahirnya, pasrah aja..", ehhh gelombang cinta itu datang~ 

Begitulah,
Setiap kehamilan memiliki cerita masing-masing, memiliki kenangan tersendiri. Berusaha dinikmati salah satu fitrah yang Allah percayakan pada saya ini.. 

Salah satu jihad-nya perempuan. Insyaa Allah.. 

Semangat para bumil di luar sana ~ ❤🤗

Komentar

Postingan Populer